Unsur-unsur yang terletak pada satu periode dari kiri ke kanan

Berikut ini Jawaban Soal Pelajaran Tentang Unsur-unsur yang terletak pada satu periode dari kiri ke kanan

Mata pelajaran : Kimia
Kelas : X SMA
Kategori : sistem periodik unsur
Kode kategori berdasarkan kurikulum KTSP : 10.7.3
Kata kunci : unsur satu periode

Jawaban :
Unsur-unsur yang terletak pada satu periode yang sama memiliki persamaan jumlah kulit yang ditempati elektronnya. Contoh : unsur Na
dan Cl terletak pada periode ketiga karena memiliki jumlah kulit yang sama. Konfigurasi elektronnya :
11Na : 1s² 2s² 2p6 3s¹
17Cl : 1s² 2s² 2p6 3s² 3p5

Pembahasan :
Sistem periodik unsur modern disusun berdasarkan kenaikan nomor atom. Dalam tabel periodik unsur-unsur yang disusun dari kiri ke kanan disebut satu periode sedangkan yang disusun dari atas ke bawah disebut golongan. Tabel periodik unsur terdiri dari 7 baris atau 7 periode. Golongan dalam tabel periodik dibagi menjadi 2 yaitu golongan utama dan transisi dalam. Golongan utama terdiri dari 8 golongan A dan 8 golongan B. Golongam transisi dalam dibagi menjadi dua yaitu lantanida dan aktinida.

Letak unsur dalam tabel periodik ditentukan oleh golongan dan periode. Hal pertama yang harus dilakukan membuat konfigurasi elektron dari nomor atom unsur. Kemudian, ditentukan jumlah kulit atom yang ditempati elektron dan jumlah elektron valensi unsur tersebut. Jumlah kulit atom menunjukkan letak periode unsur sedangkan jumlah elektron valensi menunjukkan letak golongan unsur.

Jadi, unsur-unsur yang memiliki jumlah kulit atom yang sama diletakkan dalam 1 periode yang sama (1 baris dari kiri ke kanan). Namun, jika yang sama adalah jumlah elektron valensinya, maka unsur-unsur diletakkan pada 1 golongan yang sama (1 lajur dari atas ke bawah.

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Unsur-unsur yang terletak pada satu periode dari kiri ke kanan Semoga Membantu.